skip to Main Content
Hubungi Kami: +62 751 7053902     Login

Verizon, perusahaan telekomuikasi asal AS meluncurkan jaringan internet 5G

Ronan Dunne, President Verizon Wireless menjelaskan “Layanan 5G komersil pertama di dunia ada di AS”. Jaringan 5G sementara ini merambah 4  kota di AS, yaitu: Los Angeles, Sacramento, Houston, Indianapolis. Dipilihnya 4 kota tersebut yang mendapat jaringan 5G karena memiliki kebijakan yang dinamis dan juga didukung oleh pemerintah setempat. Pengguna jaringan 5G pertama di dunia adalah Clayton Harris yang berasal dari Houston, AS.

Jaringan 5G Verizon akan menggantikan kabel penyedia layanan internet rumahan pada umumnya. Transfer data pada jaringan 5G memanfaatkan “small cell”, menara seluler berukuran lebih kecil dibanding infrastruktur kabel internet saat ini. Kecepatan jaringan 5G mampu mencapai 300 Mbps tergantung pada lokasi sedangkan kecepatan maksimal disebut mencapai 1 Gbps tanpa batasan data. Kecepatan 1 Gbps bisa digunakan untuk mengunduh data sebesar 1 GB hanya dalam waktu delapan detik, sedangkan kecepatan 300 Mbps bisa digunakan mengunduh data 1 GB dalam waktu 28 detik.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jaringan 5G Pertama di Dunia Resmi Online”, https://tekno.kompas.com/read/2018/10/02/16060047/jaringan-5g-pertama-di-dunia-resmi-online.

Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reska K. Nistanto

Back To Top