skip to Main Content
Hubungi Kami: +62 751 7053902     Login

Penyusunan Target Penerimaan Negera Bukan Pajak (TRPNBP) tahun 2020

Biro Perencanaan Administrasi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BPAKHM) Universitas Negeri Padang, beberapa waktu yang lalu mengikuti kegiatan Penyusunan Target Penerimaan Negera Bukan Pajak (TRPNBP) tahun 2020. Kegiatan penyusunan TRPNBP ini diselenggarakan Biro Perencanaan Kemenristekdikti selama tiga (3) hari, 6-8 Desember 2018, di Royal Safari Garden Resort and Convention, Cisarua Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh 30 Satker PTN, yang tergabung dalam regional IV.

Pada kesempatan ini, Biro Perencanaan Kemenristekdikti, Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., M.P.A. menekankan pentingnya penghitungan TRPNBP yang realistis sesuai dengan kebutuhan anggaran tahun 2020. Pertimbangan terhadap data historis, seperti realisasi penerimaan dan penggunaan PNBP tahun-tahun sebelumnya, perlu menjadi perhatian. Beliau juga menyampaikan bahwa kenaikan TRPNBP Tahun 2020 ini adalah maksimal 5% dari Target tahun 2019. Untuk mengantisipasi kekurangan pagu anggaran tahun 2020, PTN dapat memanfaatkan sisa dana dengan penggunaan saldo awal untuk PTN BLU, dan sisa MP untuk PTN Satker.

Selain penyampaian materi dari Biro Perencanaan Kemenristekdikti, acara ini juga diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber lain, yaitu Kabag Perencanaan, Kasubag PPA I, dari Kemenristekdikti, serta tim dari DJA dan PNBP dari Kementerian Keuangan.

Dalam pembahasan TRPNBP tersebut, Pagu PNBP Universitas Negeri Padang untuk Tahun Anggaran 2020 yang disetujui adalah sebesar Rp. 217.900.000.000,-.

Back To Top