skip to Main Content
Hubungi Kami: +62 751 7053902     Login

√ Perencanaan Anggaran dalam Organisasi

Perencanaan anggaran dalam organisasi mesti disusun secara sistematis, meliputi seluruh kegiatan organisasi, dinyatakan dalam satuan keuangan (unit moneter), dan berlaku untuk jangka waktu yang akan datang. Tahap penganggaran menjadi sangat penting karena anggaran harus berorientasi pada kinerja organisasi sehingga perencanaan yang sudah disusun dapat tercapai. Anggaran merupakan managerial plan for action untuk memfasilitasi tercapainya tujuan organisasi.

Anggaran dalam suatu organisasi menggambarkan kondisi keuangan yang meliputi pendapatan, belanja, dan aktivitas program. Perencanaan anggaran yang baik haruslah mencangkup seluruh kegiatan organisasi sehingga program organisasi dapat berjalan dengan baik.

Perencanaan anggaran yang menyeluruh ini dikenal dengan istilah Budget Komprehensif yang terdiri dari :

  1. Anggaran Penaksiran (forecasting budget), maksudnya bahwa anggaran memuat seluruh perkiraan tentang kegiatan organisasi dalam jangka waktu (periode) tertentu dan taksiran keadaan atau posisi finansial organisasi untuk waktu yang akan datang.
  2. Anggaran Variabel (variable budget), yaitu anggaran yang memuat mengenai tingkatan perubahan biaya tidak langsung yang berhubungan dengan perubahan aktivitas program organiasi. Misalnya biaya administrasi, biaya pemasaran, dan lain sebagainya.
  3. Analisis Statistik, merupakan tahap pengolahan data dan informasi untuk mengetahui nilai taksiran dalam penyusunan anggaran. Selain itu, analisis statistik diperlukan untuk mengevaluasi pelaksanaan program dalam penggunaan anggaran.
  4. Laporan Anggaran (budget report), berisi laporan tentang realisasi pelaksanaan anggaran yang dilengkapi dengan analisis perbandingan antara anggaran dan kenyataan di lapangan, sehingga dapat diketahui kekurangan maupun penyimpangan yang mungkin terjadi. Analisis pembanding dilakukan untuk mengetahui penyebab munculnya suatu penyimpangan hingga dapat dirumuskannya suatu kesimpulan.

Membuat perencanaan anggaran dalam organisasi merupakan pekerjaan yang paling memakan waktu. Banyak orang berpikir bahwa anggaran adalah format keuangan sederhana yang dilampirkan pada proposal program. Namun, ketika dilakukan analisis pada program yang sedang berjalan, anda akan menyadari bahwa anggaran adalah komponen penting dari suatu program.

Back To Top