Evaluasi Kegiatan Bimbingan dan Konseling
Evaluasi bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan untuk membenahi program-program yang kurang berhasil. Untuk menghasilkan evaluasi bimbingan dan konseling yang tepat kita harus mengetahui tujuan yang akan dicapai serta dari mana evaluasi akan dimulai. Evaluasi bimbingan dan konseling merupakan upaya untuk menentukan derajat kualitas pelaksanaan program kegiatan bimbingan dan konseling.
Evaluasi kegiatan bimbingan dan konseling mempunyai dua tujuan yaitu secara umum dan secara khusus. Tujuan umum evaluasi bimbingan dan konseling adalah untuk mengetahui ketercapaian pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Sedangkan tujuan khusus dari evaluasi bimbingan dan konseling adalah untuk mengetahui ketercapaian program sesuai dengan jabaran atau butir-butir kegiatan program layanan yang telah di susun dalam program bimbingan dan konseling, misalnya: program pengumpulan data, kegiatan bimbingan karir, konseling individual, konseling kelompok dll.
Fungsi evaluasi kegiatan bimbingan konseling adalah memberikan umpan balik kepada guru pembimbing (konselor) untuk memperbaiki atau mengembangkan program bimbingan dan konseling dan memberikan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan atas perkembangan sikap, perkembangan perilaku, dan perkembangan potensi subyek yang dibimbing.
Aspek yang harus di evaluasi?
Aspek dari proses evaluasi kegiatan bimbingan konseling ada dua macam yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilihat dari segi bagaimana keefektivan proses layanan bimbingan dan konseling sedangkan penilaian hasil sendiri dilihat dari segi kefektivan hasil layanan bimbingan dan konseling. Untuk aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam program bimbingan dan konseling diantaranya:
- kesesuaian antara program dan pelaksanaan
- keterlaksanaan program
- hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program tersebut
- dampak dari kegiatan bimbingan konseling
- bagaimana respon yang terjadi
- personil yang terlibat
- perubahan-perubahan yang terjadi serta lingkup luasnya.
Langkah-langkah pengevaluasian program bimbingan dan konseling.
Dalam pelaksanaannya, evaluasi program bimbingan dan konseling dapat ditempuh dengan empat langkah, yaitu:
- Merumuskan masalah
- Mengembangkan atau menyusun instrumen pengumpulan data
- Mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengetahui program mana saja yang sudah atau belum terlaksana dan program apa saja yang sudah atau belum mencapai hasil.
- Melakukan tindak lanjut baik dengan memperbaiki program yang kurang tepat maupun dengan mengembangkan (menambah atau merubah) suatu hal yang dapat menunjang keefektifan program.
Referensi:
Diambil dari artikel Akhmad Sudrajat dan Sugiyatno, M. Pd