skip to Main Content
Hubungi Kami: +62 751 7053902     Login

Capaian Indikator Jumlah Mahasiswa yang Berwirausaha UNP Tahun 2018

Pendidikan dan dunia kerja bukan hanya untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja karena memiliki keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan dunia industri. Pendidikan mesti juga melatih lulusan untuk mampu mandiri menjadi wirausaha yang membuka lapangan kerja bagi dirinya maupun orang lain. Pendidikan dan dunia kerja jadi fokus yang penting saat ini. Mahasiswa berlomba-lomba untuk menjadikan kampus untuk mencari pengalaman melalui kegiatan kewirausahaan agar kelak bisa menjadi entrepreneur. Pengalaman adalah guru terbaik (Experince is the best teacher).

UNP sebagai instutusi pendidikan berupaya membekali mahasiswanya dengan berbagai program antara lain mendirikan unit kegiatan kampus wirausaha, mengikuti program-program kewirausahaan yang diadakan oleh kemenristekdikti, sampai memasukkan mata kuliah wajib kewirausahaan di semua jenjang pendidikan. Sebagian besar mahasiswa UNP saat ini juga sudah mulai sadar betapa pentingnya wirausaha sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran setelah mereka tamat.

Tahun 2018 realisasi jumlah mahasiswa yang bewirausaha 261 orang mahasiswa dengan 60 kelompok usaha dari Hasil Seleksi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2018, dari yang ditargetkan yaitu 250 orang. Realisasi ini melampaui target sebesar 104%. Terlampauinya target ini disebabkan sosialisasi kewirausahaan yang dilakukan diawal tahun kepada mahasiswa ke seluruh fakultas. Disamping itu juga dilakukan kuliah umum kewirausahaan dengan mendatangkan pengusaha-pengusaha sukses.

Berikut ini capaian indikator kinerja jumlah mahasiswa yang berwirausaha Universitas Negeri Padang tahun 2016 sampai 2018.

Tahun 2017 Jumlah mahasiswa yang berwirausaha sejumlah 304 orang, angka ini lebih besar dibandingkan dengan tahun 2018. Hal ini karena masing-masing kelompok wirausaha tahun 2017 terdiri dari 5-7 orang, sementara tahun 2018 pengelompokannya sebanyak 4-5 orang. Tahun 2019 ditargetkan 300 orang mahasiswa yang lolos seleksi proposal kewirausahaan. Pencapaian target ini akan dilakukan dengan program pembinaan kepada mahasiswa dalam pembuatan proposal kegiatan kewirausahaan dan pelatihan pelatihan kewirausahaan.

Back To Top