Pengumuman

Post date: Mon, 03/20/2017 - 10:25
Post date: Mon, 11/14/2016 - 09:36
Post date: Mon, 10/31/2016 - 10:11

Windows 10 Bakal Bisa Jalankan Aplikasi Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft tengah mempersiapkan diri menyambut generasi sistem operasi terbaru buatannya, Windows 10. Yang menarik, aplikasi berbasis Android dan iOS kemungkinan akan bisa dijalankan di platform tersebut.

Rencana Microsoft membuka peluang aplikasi Android dan iOS berjalan di Windows 10 diungkap pihak perusahaan di hadapan para developer pada acara konferensi developer tahunan Build 2015 yang berlangsung di San Fransisco, Amerika Serikat.

Menurut Microsoft, aplikasi Android dan iOS yang berjalan di handset mereka tidak akan menggunakan sistem emulator, tetapi dengan cara mem-porting aplikasi tersebut di Windows 10 melalui subsistem.

Laman Digital Trends melansir, aplikasi Android dan iOS yang berjalan di Windows 10 akan menggunakan kode yang sudah ada di dalamnya, hanya saja dijalankan melalui wadah keamanan khusus. Kemudahan ini diharapkan Microsoft bisa mendongkrak jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Store. 

Pada acara itu, Microsoft memamerkan aplikasi Android bernama Choice Hotel di Windows Phone. Hasilnya cukup mengesankan meskipun masih tidak begitu halus karena aplikasi harus berproses lebih lama ketika memuat data.

Sedangkan pada aplikasi iOS, Microsoft telah bekerjasama dengan pengembang aplikasi besar, King yang merupakan pembuat aplikasi Candy Crush. Aplikasi yang sudah di-porting ke Windows disebutkan bakalan terintegrasi dengan navigasi Live Tiles khas Windows. 

Langkah-langkah yang sedang dilakukan Microsoft tersebut merupakan respon perusahaan terhadap berbagai permintaan agar platformnya memiliki aplikasi semakin banyak. Namun, langkah lanjutan yang akan dilakukan Microsoft terkait kemungkinan aplikasi iOS dan Android berjalan di Windows 10 masih harus menunggu waktu.