Biro Perencanaan, Administrasi Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BPAKHM) UNP beberapa waktu yang lalu mengikuti acara penyusunan dan finalisasi RKA-KL Pagu Alokasi Tahun 2018. Acara yang berlangsung selama 4 hari ini diselenggarakan oleh Biro Perencanaan Kemenristekdikti di The Sultan Hotel dan Residence Jakarta, dari tanggal 18-21 Oktober 2017.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi tentang kebijakan Perencanaan dan Penganggaran Tahun Anggaran 2018 oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenristekdikti, Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., M.PA, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang perubahan teknis di aplikasi RKA-KL terkait segmen akun dan perubahan kegiatan dan output BOPTN 2018, yang disampaikan oleh Kasubag Program dan Anggaran I. (Materi dapat diunduh di bagian bawah tulisan ini)

Kegiatan penyusunan dan finalisasi RKA-KL dilanjutkan dengan penelitian RKA-KL oleh tim Biro Perencanaan Kemenristek Dikti dan Reviu RKA-KL oleh Tim Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti. Penyusunan dan Finalisasi Pagu Alokasi Tahun 2018 ini tidak saja untuk DIPA yang dikelola oleh Sekjen Kemenristekdikti (Rutin, PNBP/BLU, BOPTN), namun juga untuk DIPA yang dikelola oleh Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti (PDD-AK). 

Image: 

Penyusunan dan Finalisasi RKA-KL Pagu Alokasi 2018