Keindahan Pariwisata Indonesia Tampil di BBTF 2015

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk mempromosikan destinasi wisata, dari beriklan hingga penjualan langsung ke konsumen. Namun mungkin cara terbaik untuk mempromosikan beragam destinasi yang menawarkan keindahan alam yang unik, salah satu cara terbaik adalah mengajak konsumen untuk langsung melihat destinasi tersebut. Inilah visi dari acara Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 2015 yang akan diadakan pada Juni 2015.

“Pada umumnya setiap tahun kita menyiapkan anggaran untuk berangkat ke luar negeri untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Indonesia. Namun kita bisa menawarkan pengalaman yang benar-benar berbeda kepada calon pembeli bila mereka bisa melihat destinasi ini secara langsung,” kata Ketut Ardana, Ketua Panitia BBTF 2015 dalam siaran persnya kepadaKompasTravel, Senin (11/5/2015).

Menurut Ardana, BBTF merupakan acara bertaraf internasional yang fokus kepada dunia pariwisata di Indonesia. "Kami bermaksud membawa para pelaku bisnis pariwisata, yaitu perusahaan pariwisata di Indonesia dengan pembeli dari seluruh penjuru dunia untuk berdiskusi dan melakukan negosiasi bisnis,” katanya.

BBTF juga bertujuan untuk memajukan industri pariwisata melalui sesi bisnis dan kegiatan promosi terbaik untuk bidang MICE (Meeting, Incentives, Convention & Exhibition) serta wisata tamasya. Bersama dengan peserta pameran dan pembeli dari negara-negara dunia, BBTF akan memfasilitasikan Pre-Scheduled Appointments (PSA) atau sesi diskusi bisnis terjadwal.

Perusahaan bidang pariwisata seperti biro perjalanan, hotel, operator pesiar, perancang acara, gedung pertemuan hingga atraksi wisata bisa memanfaatkan acara sepanjang dua setengah hari ini untuk menampilkan produk dan layanan terbaik mereka di pasar Indonesia serta Asia Pasifik.

Selain sesi bisnis tersebut, lanjut Ardana, pameran ini juga nantinya menawarkan acara wisata di luar acara utama bagi semua delegasi. BBTF diharapkan menjadi acara pameran pariwisata terlengkap di Asia Tenggara.

Bali dipilih menjadi tuan rumah dari acara ini karena dianggap sebagai pintu gerbang wisata Indonesia ke dunia dan Pulau Dewata telah menyumbang hampir 40 persen dari total wisatawan yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya.

Tahun ini BBTF telah mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan telah secara resmi diumumkan melalui acara inaugurasi yang diadakan pada tanggal 26 Februari lalu di Balairung Susilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Bali merupakan lokasi yang tepat untuk pameran pariwisata tahun ini dan mengharapkan destinasi wisata dari segala penjuru Indonesia bisa memanfaatkan acara ini untuk mempromosikan daerah mereka kepada para pembeli luar negeri yang akan menghadiri BBTF 2015 ini. (*)