Fakultas Ilmu Pendidikan

Sejarah FIP UNP

Lahirnya  Fakultas Ilmu Pendidikan diawali dengan berdirinya PTPG Batu Sangkar  (1954-1956), dan periode FKIP UNAND  Bukittinggi di Batu Sangkar (1956-1958). Selanjutnya berkembang FKIP UNAND Padang (1958-1964). Pada masa inilah dibuka beberapa jurusan baru termasuk  jurusan pembimbingan pendidikan yang menjadi cikal bakal Fakultas Ilmu Pendidikan.

Pada tahun 1964 sampai 1965 berdirilah IKIP Jakarta cabang Padang, dan didirikan empat fakultas yaitu : (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), (2) Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), (3) Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan Sosial (FKIPS), dan (4) Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS). Pada periode tahun 1965-1999 IKIP Jakarta Cabang Padang menjadi lembaga yang berdiri sendiri dengan nama IKIP Padang.

Pada tahun 1999 IKIP Padang mendapat perluasan mandat menjadi universitas dengan nama Universitas Negeri Padang (UNP).  Selanjunya FIP IKIP Padang juga ikut berubah menjadi FIP UNP berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 93/1999 tanggal 24 Agustus 1999.

Visi dan Misi

A. Visi

Menjadi fakultas yang mampu bersaing di Asia Tenggara pada tahun 2020 dalam pengembangan ilmu pendidikan dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan dan non kependidikan yang profesional didasarkan iman dan taqwa.

B. Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon pendidik, tenaga kependidikan dan non kependidikan yang berdimensi inspiratif, demokratis, dan produktif untuk kehidupan yang cerdas dan berkarakter melalui pendidikan untuk semua dan sepanjang hayat yang dilandasi iman dan taqwa.

2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dalam berbagai bidang pendidikan dan non kependidikan yang dilandasi iman dan taqwa.

4. Menyebarluaskan hasil penelitian danmengembang kanbidang pendidikan dan psikologi melalui penulisan karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

5. Melaksanakan tatakelola fakultas dan prodi secara efektif dan efisien.

6. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga terkait dan masyarakat luas, di dalam maupun di luar negeri, untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sarana dalam bidang pendidikan dan non kependidikan didasarkan iman dan taqwa.