Pengumuman

Post date: Mon, 03/20/2017 - 10:25
Post date: Mon, 11/14/2016 - 09:36
Post date: Mon, 10/31/2016 - 10:11

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) merupakan pengembangan dari Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial UNP. Fakultas Ekonomi UNP didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNP Nomor 05/J4/KP/2005 Tanggal 2 Januari 2005 Tentang Pembukaan Fakultas Ekonomi yang menyelenggarakan pendidikan program Sarjana (S-1) dengan 4 program studi yaitu Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan 1 program Pascasarjana (S-2) yaitu Magister Manajemen. SK Rektor ini dikeluarkan atas persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional melalui SK DIKTI nomor 2816/D/T/2004 tanggal 22 Juli 2004.

Walaupun menjadi fakultas termuda, berdirinya FE UNP tidak bisa dilepaskan dari sejarah UNP itu sendiri. Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan. PTPG Batusangkar mulai berdiri dengan enam jurusan, yaitu Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Sejarah, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pasti, dan Jurusan Biologi. Tetapi, banyak mahasiswa angkatan pertama pindah ke PTPG Bandung dan ke PTPG Malang karena perkuliahan belum berjalan menurut semestinya. Akibatnya, sedikit sekali mahasiswa yang bertahan. Karena itu, jurusan yang semula berjumlah enam, berkurang menjadi empat jurusan yang masih ada mahasiswanya, yakni Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Sejarah, Jurusan Ekonomi dan Jurusan Matematika.

Pada tahun 1956 PTPG di seluruh Indonesia diintegrasikan ke universitas setempat. Walaupun pengintegrasian itu merupakan perubahan status, bagi PTPG Batusangkar yang diintegrasikan ke dalam Universitas Andalas Bukittinggi. Setelah mengalami kemacetan hingga awal 1958, FKIP Unand diaktifkan kembali pada tanggal 10 Juni 1958 dan pada tanggal 1 September dalam tahun yang sama kedudukannya dipindahkan dari Batusangkar ke Padang. Barulah sesudah tahun 1958 FKIP Unand berkembang lebih mantap.

Pada tahun 1961, semua kursus B1 di seluruh Sumatera Barat diintegrasikan ke dalam FKIP, yaitu kursus kursus B1 Bahasa Inggris dan Kursus B1 Sejarah di Bukittinggi dan Kursus kursus B1 Bahasa Indonesia, Ilmu Pasti, Perniagaan, dan Pendidikan Jasmani di Padang. Perkembangan seterusnya terjadi dengan dibukanya beberapa jurusan baru, yaitu Jurusan Pembimbing Pendidikan, Jurusan Ilmu Hayat, Jurusan Pendidikan Sosial, dan Jurusan Seni Rupa. Hampir semua jurusan baru mengembangkan program Sarjana Muda. Pada periode ini baru jurusan Civics/Hukum dan Jurusan Ekonomi/Koperasi yang merintis pengembangan program Sarjana.

Pada tahun 1964, FKIP Unand Padang terlepas dari Universitas Andalas dan menjadi IKIP Jakarta Cabang Padang. Dengan mengorganisasikan jurusan jurusan yang ada, munculah empat fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS), dan Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS). Terhitung mulai tanggal 7 Agustus 1965, dengan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 351/1965, IKIP Padang berstatus sebagai IKIP yang berdiri sendiri. Institut ini terdiri dari lima fakultas yang mempunyai 14 jurusan, yaitu (a) FIP dengan Jurusan Ilmu Mendidik dan Jurusan Pendidikan Sosial, (b) FKPS dengan Jurusan Sejarah/ Antropologi, Jurusan Ekonomi/Koperasi, dan Jurusan Civics/Hukum, (c) FKIE dengan Jurusan Ilmu Pasti, Jurusan Ilmu Hayat, Jurusan Ilmu Alam, dan Jurusan Ilmu Kimia (d) FKSS dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Jurusan Seni Rupa, dan (e) FKT dengan Jurusan Mesin, Jurusan Sipil, dan Jurusan Arsitektur. Pada bulan Mei 1966, seluruh kegiatan IKIP Padang dipindahkan ke Air Tawar.

Jurusan Ekonomi yang merupakan program studi tertua didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI 38742/Kab. 1954 pada tanggal 1 September 1954. Selanjutnya, berdasarkan SK Dirjen DIKTI No.1499/D/1996 tanggal 20 Juni 1996, yang kemudian diperkuat dengan Kepres RI No.93 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP Padang menerima perluasan mandat (wider mandate), sehingga IKIP Padang berubah menjadi Universitas Negeri Padang (UNP) maka Jurusan Ekonomi juga membuka program studi non-kependidikan. Program Studi Manajemen didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 203/Dikti/1999 pada tanggal 6 Mei 1999, dan dilanjutkan dengan pembukaan Program Studi Ilmu Ekonomi Pembangunan dan Program Studi Akuntansi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 2542/D/T/2001 tanggal 2 Agustus 2001.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan lanjut maka Fakultas Ekonomi juga membuka tiga program pasca Sarjana yaitu Program Studi Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi dan Magister Pendidikan Ekonomi. Program Studi Magister Manajemen didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 2596/D/T/2001 tanggal 6 Agustus 2001. Program Studi Magister Ilmu Ekonomi mendapatkan izin penyelenggaraannya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Surat Keputusan nomor 843/D/T/2008 tanggal 13 Maret 2008. Sedangkan Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 210/E/O/2012 tanggal 5 Juni 2012.

Fakultas Ekonomi juga mengembangkan jenjang pendidikan yang lain dengan pembukaan program pendidikan yang berbasis vokasional (Diploma III) pada tahun 2009 yaitu Program Studi Akuntansi dan Manajemen Perdagangan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 987/D/T/2009 tanggal 18 Juni 2009.

Disamping itu, gerak Fakultas Ekonomi juga didukung oleh beberapa unit-unit pendukung yaitu Labor Komputer, Labor ADP, Labor Manajemen dan Pojok BEI, UMKM Center, Tax Center, Unit Penjaminan Mutu Internal, Pusat Pendidikan Guru (PPG), Pusat Pendidikan Akuntansi (PPA), dan Labor Simulasi Bisnis.

Seiring dengan perjalanan waktu, Fakultas Ekonomi UNP terus mengembangkan diri menjadi sebuah fakultas yang besar dan berdaya saing baik tingkat nasional maupun global. Berdasarkan data tahun ajaran 2014/2015, jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNP adalah 3.374 orang yang mencakup 9 program studi dengan jumlah tenaga pendidik 82 orang.