Fakultas Bahasa dan Seni

Sejarah FBS UNP

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) adalah salah satu fakultas di Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam sejarah perkembangannya, UNP adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, yang pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, UNP telah mengalami banyak perubahan. Perubahan ini dapat diklasifikasikan dalam lima periode, yaitu periode PTPG Batusangkar, FKIP Universitas Andalas Bukittinggi di Batusangkar, Periode FKIP Universitas Andalas Padang, periode IKIP Jakarta Cabang Padang, periode IKIP Padang, dan periode UNP.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

 

Menjadi Fakultas terkemuka dalam mempersiapkan tenaga pendidik dan tenaga profesional yang bertaqwa, mandiri dan berkualitas dalam bidang bahasa dan seni.

Misi

Untuk mencapai visi diatas, misi FBS Universitas Negeri Padang (UNP) adalah sebagai berikut.

1.
Menghasilkan tenaga pendidik bidang bahasa dan seni yang profesional yang menguasai bidang studi dan pedagoginya sertamemiliki kepribadian yang mandiri, beretika dan berbudaya.

2.
Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dibidang baasa dan seni, berkemampuan akademik dan profesional yang tinggi yang didasari oleh iman dan taqwa dalam bidang bahasa dan seni, sehingga dapat menyumbang dalam pembangunan bahasa.

3.
Menjadikan kampus sebagai forum yang kondusif bagi terciptanya interaksi kolegial baik secara sivitas akademika maupun ahli bahasa, seni, budayawan dan sastrawan diluar kampus.

4.
Memberikan pelayanan kepada masyrakat untuk mendapatakan pendidikan lanjut didalam bidang bahasa dan seni.

5.
Menghasilkan lulusan yang mampu memperbaiki dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, serta mmapu menciptakan lapangan kerja dibidang bahasa dan seni.

6.
Menjalin kerjasama yang lebih luas dengan lembaga-lembaga yang relevan baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan

Tujuan FBS UNP adalah sebagai berikut.

1.
Mempersiapkan tenaga kependidikan dan profesional dalam bidang bahasa, sastra dan seni yang berjiwa Pancasila, adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan masyrakat, mau dan mampu membekali dirinya sehingga dapat berfungsi dan berkembang biak secara profesional.

2.
Mempersiapkan tenaga kependidikan dan profesional yang memiliki pengetahuan kemapuan dalam melaksankan dan menafsirkan hasil penelitian kependidikan atau non kependidikan untuk kepentingan kependidikan, pengajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

3.
Mengembangkan penelitian dalam bidang pengajaran bahasa, sastra dan seni.

4.
Mengembangkan penelitian bidang bahasa, sastra dan seni.

5.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang pengajaran pada bidang bahasa, sastra dan seni.